Minggu, 06 November 2011

cara menggunakan adblock

Review dan Cara Menggunakan Adblock Plus, Ekstensi Penghemat Bandwidth untuk Pengguna Chrome

Adblock-logo
Beberapa hari ini saya dibuat kecanduan menggunakan salah satu ekstensi (pengaya) yang bernama Adblock Plus. Fungsinya yaitu untuk memblock gambar, banner iklan, teks iklan PPC (adsense), plugin tertentu, script ‘iframe’, javascript, dan bahkan iklan dalam bentuk animasi/flash. Lihat saja fitur unggulan utama dari salah satu ekstensi terbaru Google Chrome ini.
Adblock-fitur
fitur utama adblock plus for chrome
Sesuaikah antara promo pada banner di atas dengan kemampuan yang sebenarnya dari ekstensi ini? Setelah coba menggunakannya untuk memblock segala jenis penyedot ‘bandwidth’ (yang kurang saya butuhkan), saya merasa cukup puas.
Adblock Plus memang terbukti mampu memblock hampir semua jenis gangguan saat berselancar di dunia maya. Mulai dari gambar, iklan (banner maupun teks), widget yang menggunakan ‘iframe’ atau JavaScript, iklan animasi, dan bahkan navigasi/menu tertentu pada situs/blog (misalnya penggalan postingan terbaru dan acak yang ada di atas kolom posting pada halaman ‘single-post’).
Bukan cuma itu, Adblock Plus untuk browser Chrome ini juga bisa memblock area/elemen tertentu dari desain sebuah situs/blog. Misalnya salah satu area di sidebar atau footer. Bahkan mampu memblock sidebar tertentu yang menurut kita kurang penting atau mubazir.
Saya sendiri biasanya melakukan pemblokiran pada:
  • Widget alexa dan pagerank.
  • Iklan gambar tertentu yang kurang saya butuhkan.
  • Widget ‘fans-facebook’ dan ‘google friend connect’.
  • Iklan PPC/adsense.
  • Widget shoutbox.
  • Widget feedjit.
  • Kaskus emoticons.
  • Widget amungs (status online)
  • Banner-banner situs direktori blog.
  • Gambar latar tertentu pada desain situs/blog yang terasa memberatkan loading.

Sekilas tampilan antarmuka menu options Adblock Plus untuk Chrome

filter list
menu filter list
own filters
menu add own filters
whitelisted domain
menu filter whitelisted domain
general
menu general

Contoh nyata hasil pemblokiran otomatis dari Adblock Plus

Silakan Anda bandingkan 2 gambar berikut ini. Gambar pertama adalah tampilan halaman download situs ziddu.com sebelum Adblock Plus diaktifkan. Terlihat ada 2 buah iklan animasi yang tampil. Ditambah dengan sebuah iklan gambar/banner ↓
ziddu-disable
halaman ziddu.com saat adblock plus belum aktif
Coba bandingkan dengan tampilan ziddu.com berikut setelah Adblock Plus diaktifkan ↓
ziddu-enable
halaman ziddu.com setelah adblock plus aktif
Jadi, iklan animasi/flash akan diblock secara otomatis. Begitu pula yang terjadi ketika kita membuka beberapa situs portal berita yang terdapat iklan animasi di halamannya.

Cara memblock gambar dengan menggunakan Adblock Plus

Berhubung pemblokiran otomatis Adblock Plus hanya pada iklan yang berupa animasi, maka untuk pemblokiran gambar tertentu, Anda harus melakukan secara manual.
Anda tinggal melakukan klik kanan di atas gambar yang ingin kita blokir, kemudian tinggal klik ‘Block Element”. Contohnya bisa Anda lihat pada gambar di bawah ini.
banner-iklan

Cara memblokir widget tertentu yang menggunakan script ‘iframe’ atau JavaScript

Seringkali keberadaan widget tertentu pada halaman web atau blog sebenarnya kurang begitu kita butuhkan. Tentunya sebuah pemborosan ‘bandwidth’ jika ia termuat (terload) secara tidak sengaja. Terlebih jika speed koneksi Internet yang kita gunakan cukup rendah. Solusinya, mengapa tidak Anda block saja script pada widget tertentu tersebut? Terutama pada situs dan blog-blog yang kemungkinan akan sering Anda kunjungi berulangkali.
Mari kita ambil contoh kasus widget fans facebook (like facebook). Bagaimana cara memblokirnya?
  • Silakan klik icon ekstensi Adblock Plus yang terdapat di sebelah kanan address-bar peramban Chrome Anda. Akan muncul kotak menu seperti di bawah ini. Nah, coba klik yang saya beri tanda panah (yang bertuliskan “Easy create filter”).icon-adblock
  • Arahkan kursor layar komputer Anda di atas kotak widget ‘like-facebook’, lalu lakukan klik kanan di atas kotak widget tersebut. Nah, pada kotak ‘pop-up’ yang muncul, klik saja tombol “Add”. Lebih jelasnya silakan simak screenshot berikut ↓filter-options
    cara memblokir widget facebook
Selesai. Widget facebook tersebut akan segera hilang. Coba tes kembali hasilnya dengan melakukan re-load (merefresh halaman) yang sedang Anda buka tersebut. Mudah-mudahan widget facebook-nya tidak akan muncul lagi.

Untuk memblokir jenis widget lainnya bagaimana? Bagaimana pula cara memblock iklan PPC/adsense?

Caranya sama saja dengan cara di atas. Inti langkah-langkahnya yaitu:
  • klik icon ekstensi Adblock Plus,
  • klik menu “Easy create filter”,
  • klik kanan di atas area widget/elemen yang ingin diblokir,
  • dan akhirnya klik tombol ‘Add’ pada kotak filter yang muncul.
Memang tidak sepraktis ‘add-ons’ Adblock Plus pada Firefox yang tinggal melakukan klik kanan di atas area widget atau script yang ingin diblock (terutama jika berupa script ‘iframe’ dan javascript). Kekurangan lain dari ekstensi Adblock Plus untuk Chrome ini yaitu masih sering gagal memblok widget ‘google-friend-connect’. Termasuk widget ‘feedjit’ juga. Ini tidak saya alami ketika mencoba versi untuk Firefox.
Mungkin karena Adblock Plus untuk Chrome ini masih dalam versi Beta (tahap pengembangan atau ujicoba).
Terlepas dari 2 kekurangan utama tersebut, ekstensi untuk menghemat ‘bandwidth’ ini sangat layak dicoba jika Anda menggunakan peramban/browser Google Chrome. Termasuk Chromium.
Selamat mencoba

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar